5 Monster Serangga

Serangga merupakan salah satu inspirasi para sineas film fiksi thriller hollywood, dengan ukuran yang dibuat besar, menjadikannya sebagai teror yang menghantui dan memangsa manusia. Namun untung saja itu hanya terjadi di dunia film, bayangkan bila itu ukuran yang sebenarnya. Berikut adalah serangga yang menjadi monster bagi serangga lainnya:


1. Tiger Hornet (Lebah Macan)
Lebah yang dikenal dengan sebutan “lebah macan”, tersebar di beberapa negara di Asia. Lebah macan ini memiliki ukuran tubuh cukup besar, mereka adalah pemakan serangga, apapun yang bisa mereka tangkap. Lebah macan ini memiliki sengatan yang mematikan, yang dilakukannya secara cepat untuk melumpuhkan mangsa, dan mempertahankan dirinya. Kekuatan bisa lebah racun, selain mengakibatkan kesakitan juga mampu membunuh manusia.  Di Jepang, lebah liar ini membunuh 40 orang manusia setiap tahunnya, lebih banyak daripada yang diakibatkan oleh bisa ular.

Japanese Giant Hornet

2. Siafu Ant (Semut Siafu)
Semut Siafu, dikenal sebagai semut pelacak, pengembara, dan sebagai prajurit. Semut jenis ini adanya di Afrika, memiliki ukuran tubuh cukup besar, rahang yang tajam, dan sengatan yang mematikan. Terkenal sebagai semut yang tangguh, mereka akan menyerang dan memangsa serangga yang lebih kecil seperti kadal, cacing, dan serangga lainnya. Namun ada sebuah artikel yang menginformasikan bahwa sapi, kambing, dan binatang peliharaan masyrakat Afrika, telah mati akibat serangan semut siafu.
Siafu Ant

3. Tiger Beetle (Kumbang Macan)
Tidak salah jika kumbang jenis ini, diberi julukan kumbang macan, selain bentuk kecepatan larinya melebihi kecepatan serangga yang ada di daratan bahkan mencapai 115 Km/Jam (71mph). mereka hanya akan berhenti untuk mengamati daerah serta mangsa, karena saking cepatnya matanya tak mampu melihat dengan baik. Ia pun seekor penerbang yang baik,  dan mampu menangkap mangsanya di udara. ia memiliki mandibel (pipa hisap) yang sangat kecil, sehingga mampu menusuk ke tubuh mangsanya dengan mudah. Keberadaan kumbang yang satu ini cukup menguntukan manusia, karena ia mampu mengurangi populasi hama.
Tiger Beetle

4. Water Scorpion (Kalajengking Air)
Namanya memang mengerikan, kalajengking air, namun ia hanyalah binatang jenis serangga kumbang (hemiptera), dan tidak berbahaya bagi manusia. Namun kehadiran mereka adalah teror bagi serangga kecil yang ada dipermukaan air, ia memangsa dengan kekuatan cengkeraman kakinya. Gaya kalajengking yang satu ini mirip buaya, tenang, bersembunyi, dan menyerang musuh lengah yang mendekatinya.
Kumbang Kalajengking Air

5. Robber Fly (Lalat Perampok)
Ada 120,000 jenis serangga lalat di dunia ini, dan masih banyak lagi yang belum diketahui, beberapa dari mereka adalah jenis pemangsa. Salah satunya, lalat yang disebut dengan lalat perampok ini. ia memiliki penglihatan sangat tajam, dan memiliki kecepatan. Ia memangsa serangga yang lebih kecil darinya, baik di udara maupun di daratan. Ia memiliki probosik (pipa/mandibel) yang yang akan menyuntikan racun ke dalam tubuh korbannya.(**)
Lalat Perampok

Sumber: Listverse, 2008

0 komentar:

Posting Komentar