5 Sosok Gaib di Filipina

1. Manananggal
Manananggal, sesosok mahluk yang memiliki wujud perempuan cantik, besar, sayap kelelawar. Nama lain dari sosok ini adalah “tik tik”,  bunyi yang dihasilkannya ketika mengitari, mengamati, dan mendekati mangsa. Ketertarikannya kepada manusia adalah meminum darah dan merobek, memakan jantung manusia. Untuk menghindari dan mencegah serangan manananggal, masyarakat Filipina biasanya menempatkan bawang putih dan garam digantung ataupun menggunakan wadah, di jendela rumah.

Manananggal

2. Kaperosa
Kaperosa adalah sosok hantu yang mengganggu manusia dengan  wujudnya  menyerupai perempuan cantik. Ia adalah hantu penasaran yang gentayangan dan tidak hanya dapat dilihat oleh keluarga dan orang-orang yang dikenal semasa hidupnya, namun ia menampakan dirinya kepada siapapun. Kabar yang beredar di masyarakat Filipina, khususnya yang tinggal di sekitar Balete Drive, Kota Quezon, tempat ia sering terlihat. Kaperosa adalah korban pemerkosaan dan pembunuhan yang dilakukan oleh tentara Jepang selama Perang Dunia II. Bahkan ia dituduh sebagai biang kecelakaan lalu-lintas, akibat mengganggu dan menakuti pengemudi kendaraan yang melewati kawasan Kota Quezon.
Ilustrasi Screen Shot

3. Kumakatok
Kemunculan Kumakatok biasanya ditandai dengan sebuah ketukan pintu yang memecahkan kelalapan penghuni rumah. Dan ketika si empunya rumah membuka pintu, tiga sosok mahluk misterius menyerupai manusia, sosok perempuan muda dan dua orang tua.  Menurut legenda yang masih dipercaya masyarakat Filipina, mereka datang untuk memberitahukan sebuah keluarga yang salah satu kerabatnya akan meninggal dunia.
Kumakatok

4. Tikbalang
Tikbalang digambarkan sebagai sosok manusia berkepala kuda. Di kawasan Filipina bagian utara, kehadiran tikbalang cukup mengganggu walaupun tidak menyakiti. Ia sangat suka mengaburkan penglihatan dan pemikiran para pengelana sehingga mereka tersesat. Berbeda dengan masyarakat yang ada di daerah selatan, tikbalang digambarkan sebagai sosok yang menyeramkan, bermata merah, menghisap cerutu dan bau tubuhnya seperti rambut terbakar. Ketika dia marah, maka ia akan menyepakkan kaki ke tubuh orang yang mengganggunya. Berdasarkan legenda, ketika matahari bersinar disaat hujan turun, saat itulah mereka melangsungkan pernikahan.
Tikbalang

5. Sigbin
Mahluk misterius Filipina yang satu ini memiliki banyak sosok dan perwujudan, tergantung daerah dan penuturnya. Sigbin digambarkan  menyerupai kambing yang tidak bertanduk, kombinasi gagak dan reptil, ataupun sesuatu yang menyerupai Chupacabra (bhs. Sanyol),  mahluk penghisap kambing. Namun secara umum mereka memiliki kepala yang terletak diantara kakinya yang panjang dan memiliki cakar, bergerak seperti kepiting berjalan mundur. Sigbin berkelana di malam hari untuk mencari anak-anak, menculik, dan mengambil jantungnya untuk dijadikan jimat. Kebanyakan cerita sigbin beredar di kawasan Cebu.(**)
Sigbin
 http://info-unik-dunia.blogspot.com/2011/09/5-sosok-gaib-di-filipina.html

0 komentar:

Posting Komentar